Tentang roadshow CINTAindonesia

Panggilan kepada seluruh generasi muda di Indonesia untuk mengikuti program CINTAindonesia !!!

CINTAindonesia

Committee for Interfaith Tolerance atau yang disingkat CINTAIndonesia merupakan suatu forum yang terdiri dari para generasi muda dari berbagai daerah di Indonesia yang juga merupakan alumni dari program Study of the U.S Institute (SUSI) on Religious Pluralism 2012 yang peduli akan isu-isu sosial khususnya toleransi antar umat beragama. Melalui CINTA Indonesia, kami ingin membawa semangat perubahan di negara ini, khususnya dalam hal toleransi dan perdamaian antar umat beragama.

Kami ingin memulai dengan generasi muda. Sebagai pemimpin-pemimpin masa depan, kami yakin bahwa anak-anak muda di Indonesia harus dilengkapi dengan pengetahuan, supaya bangsa Indonesia dapat terus maju dalam berbagai aspek. Untuk itulah kami sendiri, sebagai bagian dari generasi muda, ingin ikut andil dalam proses mencapai tujuan tersebut.

Indonesia adalah negara yang majemuk. Bangsa kita terdiri dari orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda, baik dari segi budaya, agama, bahasa, dan lain sebagainya. Kemajemukan ini adalah suatu hal yang membuat bangsa kita unik. Namun, kemajemukan ini seringkali disalahpahami, sehingga berujung pada prasangka dan kekerasan. Terlebih lagi kekerasan yang terjadi antar agama yang ada di Indonesia.

Atas dasar inilah, kami berinisiatif untuk melaksanakan suatu program yang bertajuk “Interfaith Dialogue.” Melalui program ini, kami ingin menyebarkan semangat perdamaian kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang akan kami mulai dengan pemuda pemudi di Indonesia.

Roadshow ini akan diselenggarakan di lima kota Indonesia yakni :

Lombok  : 12-13 January 2013

Malang : 19-20 January 2013

Palembang : 26-27 January 2013

Manado : 12 February 2013

Jakarta : 23-24 February 2013

Tujuan dan Sasaran

 

1. Untuk menginspirasi generasi muda dan masyarakat pada umumnya akan pentingnya kerja sama dan berbagi satu sama lain, melalui program ini kami akan membuka mata dan fikiran para peserta mengenai konsep yang salah terhadap agama lain dengan belajar melalui pemimpin agama mengenai kerja sama dan hidup bertoleransi dengan orang lain.

2. Untuk mempromosikan toleransi, saling pengertian dan kerjasama di kalangan generasi muda dalam masalah antaragama, dengan memberi mereka contoh, melalui pembicara-pembicara yang merupakan pemimpin agama, tentang bagaimana iman yang berbeda dapat bekerja sama dan hidup harmonis.

3. Untuk membekali para peserta dengan dialog dasar dan keterampilan resolusi konflik, dengan membagi mereka ke dalam kelompok-kelompok kecil dengan satu mentor yang merupakan alumni SUSI yang akan berbagi pengetahuannya tentang dialog yang mendalam, resolusi konflik, dan toleransi.

4. Untuk memilih “Interfaith Ambassador” yang akan mempromosikan perdamaian di Indonesia, dengan memilih esai terbaik tentang “interfaith” yang dibuat oleh para peserta.

5. Untuk mempromosikan anti-kekerasan dengan tujuan untuk menyelesaikan konflik, dengan belajar dari pembicara dan menggunakan seni sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan ide-ide.

6. Untuk meningkatkan semangat “Bhinneka Tunggal Ika” atau nasionalisme sebagai pemersatu dari seluruh rakyat Indonesia, dengan mengingatkan peserta tentang semangat motto bangsa kita yang akan dilakukan oleh pembicara dan SUSI alumni.

Luaran yang Diharapkan

Pada akhir program ini, kami mengharapkan :

  •  Peserta dilengkapi dengan pengetahuan yang mendalam dialog dan resolusi konflik
  •  Adanya peningkatan pemahaman dan toleransi di kalangan mahasiswa dari keyakinan agama yang berbeda.
  •  Ada jaringan baru yang akan bekerja untuk program CINTAindonesia masa depan
  •  Para duta yang terpilih dari masing-masing daerah yang telah dibekali dengan baik siap untuk terus menyebarkan pesan toleransi terhadap komunitas mereka
  • Dokumentasi dari proyek ini dibuat dalam bentuk gambar dan video dan dapat diakses dari halaman facebook kami atau website, atau hardcopy seperti CD atau foto. Semua ini akan digunakan sebagai alat untuk mempromosikan kegiatan antaragama.

Gambaran Umum Kegiatan CINTAindonesia

– Kegiatan Interfaith Dialogue Roadshow di masing-masing kota akan dilaksanakan selama dua hari. Dihari pertama kami akan mengundang pemimpin-pemimpin dari agama yang berbeda untuk berbicara mengenai pentingnya bertoleransi antar umat beragama. Setelah itu, peserta akan kami bagi dalam kelompok-kelompok kecil dan akan mengikuti sesi mentoring tentang bagaimana cara melakukan dialog yang benar dan juga mereka akan langsung mempraktikannya dalam simulasi yang disebut fishbowl.

– Dihari kedua kami akan mengunjungi tempat-tempat ibadah yang ada di masing-masing kota. Para peserta akan menjadi pengamat dalam kegiatan, mereka akan belajar konsep yang sebenarnya dari agama tersebut sehingga diharapkan tidak akan ada lagi prasangka atau konsepsi yang salah mengenai agama tersebut. Di akhir roadshow di masing-masing kota, kami akan memilih satu orang peserta yang disebut “Interfaith Ambassador” yang dinilai paling antusias dengan kegiatan ini dan paling peduli tentang isu pluralisme dan toleransi antar umat beragama, berdasarkan essay yang dimasukan dan juga aktivitas selama roadshow berlangsung. Satu orang terpilih ini akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti rangkain kegiatan penutupan disana. Tujuan dari adanya Interfaith Ambassador ini agar supaya para ambassador yang terpilih dapat melanjutkan semangat kegiatan ini kepada orang lain di lingkungan sekitarnya.

Selain itu juga akan ada sesi diskusi serta pelayanan sosial seperti pembagian sticker perdamaian atau makanan/pakaian/buku ke panti asuhan (optional)

——————————————————————————————————————————————————

Bagi kamu yang tertarik mengikuti program ini silahkan unduh applikasi formnya di www.cintainterfaith.com 

Acara ini terbuka untuk seluruh pemuda di Indonesia.Kami sarankan untuk memilih tempat yang dekat dengan domisili anda karena panitia tidak menanggung transportasi dan penginapan.

Hanya 100 essay terpilih di masing2 kota yang bisa mengikuti acara ini, so make ur best essay ya 🙂

Acara ini GRATIS dan kamu akan mendapatkan :

– Ilmu yang bermanfaat dari para pembicara dan alumni SUSI

– T-Shirt

– Seminar Kit

– Snack

– Lunch

– Certifikat (ditandatangi oleh US Embassy dan UNESCO)*

– Kesempatan untuk terpilih menjadi Interfaith Ambassador.

*dlm konfirmasi

So, tunggu apa lagi daftarkan diri anda segera. Pendaftaran DITUTUP 2 Minggu sebelum pelaksanaan di masing-masing kota.

***informasi lebih lanjut silahkan***

Email : interfaith.cintaindonesia@gmail.com

Twitter : @CINTAinterfaith

Leave a comment